Kategori

Selasa, 29 Desember 2015

Dampak positif dan negatif elearning, contoh serta cara mengatasinya

Elearning

sebelum lebih detail saya membahas apa saja dampak elearning dan pengaruhnya, leih afdol lagi kalau saya menjabarkan terlebih dahulu apa itu elearning, Menurut Glossary of e-Learning Terms (dalam Anonim, 2008) e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone. kemudian dampak apa saja dengan adanya proses elearning ini, antara lain :
Dampak positif
1. menambah kemampuan mahasiswa dibidang IT,
contohnya, mahasiswa semakin mahir dalam mengetik, memahami sistem elearning sendiri.
2. mahasiswa mendapatkan materi kuliah lebih detail tiap minggunya dalam bentuk softcopy dan menghemat kertas lebih efisien untuk dipelajari.
contohnya, seperti yang pihak mercubuna terapka untuk semua mahasiswa harus mendownload modul yang telah diberikan oleh dosen, sehingga tidak ada alasan lagi untuk mahasiswa tidak memiliki modul atau mengetahui matakuliah kalau pihak dosen telah mengupload modul.
3. mahasiswa lebih memiliki ruang untuk bertukar pikiran.
contohnya. diadakannya forum dalam satu elarning, sehingga adanya transfer knowledge dari setiap mahasiswa ataupun dosen, seperti diketahui jaman era globalisasi ini mahasiswa atau remaja kebanyakan lebih aktif di sosial media dari pada di kehidupan nyata.
4. membantu mahasiswa belajar mandiri dalam memahami modul matakuliah.
contohnya. mahasiswa diberikan modul, tugas dan kuis.
5. menghemat waktu, tenaga dan biaya
contohnya : tidak perlu datang ke kampus untuk melakukan proses perkuliahan.
itu diantaranya untuk dampak positif diadakannya elearning, namun selain dampak positif ada juga dampak negatifnya, antara lain
Dampak negatif
1. silaturahmi atau hubungan tatap muka antar mahasiswa dengan mahasiswa atau dosen dengan mahasiwa jadi semakin jarang.
contohnya : komunikasi antar mahasiswa tidak berjalan baik karena tidak saling menggenal
2. penilain yang dihasilkan akan bersifat tidak objektive
contohnya : mahasiswa yang memiliki koneksi internet bagus akan lebih bisa mencari jawaban yang paling sesuai jika ada kuis atau tugas karena, mahasiswa dapat melihat dari sumber mana saja.
3. dalam beberapa kasus mahasiswa tidak dapat menjawab atau menyeselaikan permasalan dalam forum sehingga kurang efisien.
contoh : ketika mahasiswa sedang ada diluar kota yang susah sinyal.
4. tidak dapat diukur secara real kemampuan mahasiswa yang sesungguhnya.
contoh : mahasiwa a memiliki fasilitas yang bagus untuk internet sehingga menunjang elearning, sedangkan mahasiswa b tidak, jadi menjawab atau mencari data seadanya.
cara mengatasi untuk meminimalisir dampak negatifnya tetap harus diadakan pertemuan tatap muka beberapa kali agar lebih saling mengenal dan memberikan nilai yang objektif, seperti yang telah dilakukan oleh kampus mercubuana, selain itu juga mahasiswa harus lebih aktif dalam proses elearning ini agar tidak tertinggal pelajaran.
Berikut saya cantumkan salah satu konsep elarning yang sudah berjalan diperusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, dimana training yang diadakan untuk mengetahui hasil kompetensi pegawai yaitu melalui elarning. sehingga dapat diketahui skor atas pencapaian training pegawai.

2 komentar: